Misteri Sebuah Foto Yang Dianggap Sebagai Penampakan Hantu, Terpecahkan ..

Sebuah foto diambil pada saat kebakaran melanda Wem Town Hall di Shropshire pada tanggal 19 November 1995 oleh seorang fotografer amatiran Tony O'Rahilly. Di foto tersebut tampak sesosok gadis kecil berpakaian kuno sedang berdiri di belakang pagar seolah-olah berada di tengah -tengah kobaran api tersebut. Tidak begitu menyeramkan, tetapi apakah foto ini menjadi "salah satu" bukti adanya penampakan hantu ?







Ini dia foto yang dikatakan sebagai salah satu bukti penampakan hantu di Kota Wem, Shropshire.







Tidak begitu menyeramkan bukan ..? Tapi foto ini sempat terkenal dan menjadi berita di media-media seperti   BBC  , dailymail , dan di milis-milis luar negeri lainnya.




Tony O'Rahilly mengaku pada saat hendak memotret kejadian kebakaran tersebut, dia dan orang-orang disekelilingnya tidak melihat adanya seorang gadis di tempat itu.




Warga bahkan berkata bahwa gadis di foto tersebut adalah penampakan dari hantu Jane Churm seorang gadis yang meninggal saat berusia 14 tahun yang diketahui dengan tidak sengaja menjatuhkan lilin sehingga membakar balai kota Wem pada tahun 1677 sebelumnya. 
Sejak saat itu, Kota Wem terkenal dengan isu bahwa Jane Churm menghantui kota tersebut.








Tony O'Rahilly mengklaim tidak ada efek khusus yang diberikan pada foto ini. Hanya saja pada saat itu, dia memotret dengan menggunakan kamera foto hitam putih.O'Rahilly meninggal karena serangan jantung pada tahun 2005.




Setelah mencuci foto dan tersadar bahwa ada sosok gadis kecil yang tertangkap di kameranya, Tony lalu mengirimkan ke Association for the Scientific Study of Anomalous Phenomena, untuk menganalisanya.





Kemudian dia juga mengirim foto dan negatifnya kepada Dr Vernon Harrison, mantan presiden Royal Photographic Society.
Anda bisa melihat biografi  Dr Vernon Harrison di SINI .




Dr Vernon Harrison menganalisis foto tersebut dan mengatakan bahwa foto tersebut asli. Anomali yang menyerupai gadis kecil mungkin terbentuk akibat dari pencahayaan dan efek pareidolia yang muncul karena kepulan asap.
Sebuah bukti  ditemukan yang saya rasa cukup masuk akal untuk menjelaskan kebenaran dari foto yang diklaim penampakan hantu kota Wem itu.



Sebuah kartu pos (postcard) yang dicetak pada tahun 1922 memperlihatkan sesuatu yang menarik.
  




Apakah anda sudah  menemukan 'sesuatu'  yang dimaksud ?




Ini dia yang saya maksudkan :













Seorang gadis kecil sedang berdiri di pojok, mengenakan busana yang persis dengan ini :













Saya rasa misteri foto yang diklaim 'penampakan hantu gadis kecil' ini telah terpecahkan.





Yang jadi pertanyaan,


pertama : apakah Tony O'Rahilly membohongi publik dengan menggunakan teknik menggabungkan dua foto ini menjadi satu ...?


kedua : seorang mantan presiden Royal Photographic Society, Dr Vernon Harrison bisa salah menganalisis sebuah foto ?


Atau kesimpulannya :


Mereka berdua telah bekerja sama untuk merekayasa foto ini untuk menjadikannya sebuah kontroversi ?




Saya tidak ingin dianggap skeptis dengan mengatakan bahwa 'makhluk halus'  itu TIDAK ADA atau bahkan SEBALIKNYA. Saya hanya ingin menunjukan bahwa sebaiknya kita tidak perlu merekayasa atau membuat sesuatu untuk membuktikan seolah-olah hal yang tidak ada menjadi ada atau hal yang ada menjadi tidak ada. 


Semua kembali kepada keyakinan kita masing-masing.




(hawkson)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.